Self Publishing: Solusi Penerbitan untuk Penulis Pemula, Sudah Coba?

Bagi penulis, memiliki karya tulis sendiri yang diterbitkan dan terdaftar di Perpustakaan Nasional pastinya menjadi kebanggaan besar. Masalahnya, tidak semua penulis bisa dengan mudah menerbitkan hasil tulisannya. Apalagi kalau kamu masih pemula dengan nama yang belum dikenal. Tahu sendirilah bagaimana di masyarakat kita ini, popularitas sangat menentukan.

 

Baca Juga: Annual Report, Dokumen Cetak Buat Laporan Tahunan Perusahaan

 

Tapi tenang saja. Kalau kamu punya karya, kamu tetap bisa menerbitkanya. Pilih saja self publishing. Ada yang berpendapat self publishing ini lebih repot, tapi banyak juga penulis buku yang justru lebih suka cara kerjanya.

 

Apa Itu Self Publishing?

 

Mari kenalan dulu dengan self publishing. Self publishing pada dasarnya adalah menerbitkan buku karya sendiri dengan mandiri tanpa melibatkan percetakan dari suatu penerbitan. Singkatnya, kita berlaku sebagai penulis, editor, dan bisa juga sebagai ilustrator atau desainer cover buku kita, sekaligus sebagai penerbit.

 

Untuk bisa menerbitkan buku sendiri, tentu kita harus memiliki naskah. Pastikan naskah dalam keadaan sudah diedit dengan baik agar tidak ada typo. Memang, tidak ada yang akan mengoreksi atau menyalahkan tulisan kita. Tapi hasilnya akan lebih baik saat dipasarkan jika tidak ada kesalahan. Selain naskah, kita juga harus sudah menyiapkan cover buku depan dan belakang.

 

Akan lebih baik kalau sebelum cetak buku, kamu mengurus ISBN. Meski tidak semua penulis menginginkannya, tapi buku terbitan dengan ISBN akan terdaftar secara resmi dan lebih aman bagi penulis. Karyanya akan lebih sulit  untuk dicuri, dijiplak, dan dilakukan tindakan curang lainnya.

 

Keunggulan Self Publishing

 

Kenapa banyak penulis yang memilih self publishing? Ternyata memang ada banyak keunggulanya. Berikut beberapa diantaranya:

 

1. Tidak Ada Penolakan

Berbeda dari menerbitkan buku di penerbit, pastinya ada proses panjang sebelum akhirnya tulisan kita diterima dan siap terbit. Penolakan sangat mungkin terjadi di sana-sini. Mulai dari isi, jumlah halaman, ilustrasi, sampul buku, dan masih banyak lagi.

 

Dengan self publishing, tiap penulis bebas menggunakan idenya, tak perlu kuatir ada penolakan sama sekali. Kita bisa mengatur berbagai detail sesuai selera. Mulai dari font yang digunakan hingga ilustrasi, warna sampul, dan banyak lagi.

 

2. Proses Penerbitan Lebih Praktis

Berusaha menerbitkan buku di sebuah perusahaan penerbit bukanlah hal yang mudah. Ada proses panjang yang harus dilalui. Proses panjang mulai dari pengajuan tema, hingga pemilihan desain sampul membutuhkan meeting yang jumlahnya sangat banyak. Belum lagi kalau menerbitkannya di bawah perusahaan besar, menjadwalkan meeting bukan hal mudah.

 

Dengan menerbitkan buku sendiri, kita bisa mengautr sendiri jadwal kita dengan lebih leluasa. Proses penerbitan hanya untuk kita sendiri. Kita berhak memilih penerbit sendiri. Jadi banyak proses yang bisa kita persingkat agar tidak jadi terlalu panjang dan berbelit-belit.

 

3. Biaya bisa Lebih Rendah

 

Jika menerbitkan buku di perusahaan besar, biasanya buku akan dicetak dalam jumlah besar, terutama untuk cetakan pertama. Kalau buku terjual sesuai ekspektasi, tentu tak jadi masalah. Sedangkan buku yang ternyata penjualannya tidak sesuai ekspektasi, tentu akan merugikan. Sedangkan bagi penulis pemula, menjual buku bukalah hal mudah.

 

Jika kita mencetak sendiri, bahkan jumlahnya pun bisa hanya 1 buku saja. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan kemampuan tiap penulis. Misalnya untuk cetakan pertama hanya 20 buku. Jika ternyata buku habis terjual, kita bisa mencetaknya lagi dengan mudah.

 

4. Menambah Ilmu dan Pengalaman

 

Ada banyak hal di balik penerbitan buku yang bisa kita pelajari jika memilih melakukan self publishing. Karena kita menulis, mengedit, dan menerbitkan sendiri, semua hal kita kerjakan sendiri. Memang beban kita jadi sangat besar, tapi di sisi lain kita bisa banyak belajar juga. Dengan begitu, ke depannya akan lebih mudah jika ingin menerbitkan buku lagi.

Tempat Cetak Buku Mandiri

 

Tertarik buat menerbitkan buku mandiri alias self publishing? Jangan kawatir soal kualitas hasil cetakan. Yang penting jangan asal kunjungi fotocopy terdekat. Lebih baik serahkan pada ahlinya bernama PT Bintang Sempurna.

 

Bintang Sempurna adalah tempat buat cetak hingga jilid buku yang didukung dengan berbagai mesin cetak terkini dengan tinta print berkualitas baik offset print maupun digital print. Pastinya, kamu bisa kustomisasi sendiri, bahan kertas yang ingin kamu gunakan, warna sampai finishing.

 

Baca Juga: Ketahui Model Kertas Print Sebelum Naik Cetak

 

Nah kalau onliners tak mau repot-repot datang langsung, bisa juga lewat online. Cetak buku jaman sekarang sudah semakin mudah, dengan adanya Online Print, kamu bisa #KlikLangsungPrint karya tulis kamu di sini tanpa minimum quantity. Langsung aja coba kemudahannya, kunjungi onlineprint.co.id sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.