Photobook, Cendera Mata Spesial yang Ideal Dijadikan Hadiah

Photobook menjadi jawaban bagi yang ingin mendokumentasikan koleksi foto menjadi lebih istimewa. Apalagi, photobook dapat didesain custom sesuai kebutuhan.

Photobook bisa didefinisikan sebagai sebuah buku yang memuat rangkaian foto-foto yang saling berkaitan satu sama lainnya. Photobook sekarang ini menjadi inovasi terbaru pada dunia fotografi yang menjadi pengganti album foto di era digital.

Sering disebut juga coffee table book, photobook bisa menjadi jawaban untuk Onliners yang ingin mendokumentasikan foto-foto lama yang sulit diatur jika disimpan pada memori digital. Oleh karena itu, Onliners bisa membuat coffee table book dari berbagai macam tema sesuai kebutuhan seperti pernikahan, wisuda, ulang tahun, baby born, pre-wedding, maupun iklan komersial.

Keunggulan Photobook Dibandingkan Album Foto Biasa

Dengan kemajuan teknologi sekarang, Onliners dapat membuat coffee table book dengan desain sendiri maupun menggunakan template serta memesannya lewat online. Jika dibandingkan dengan album foto biasa, Onliners juga bisa membuat coffee table book dalam beberapa tema yang berbeda supaya setiap momennya tidak tercampur dan dapat ditata lebih rapi.

Inilah beberapa keunggulan coffee table book dibandingkan album foto biasa:

1. Proses Membuatnya Lebih Mudah

Membuat album foto biasanya dilakukan secara manual sehingga dicetak satu-persatu dengan kertas foto. Hal ini tentu berbeda dengan mencetak coffee table book yang dibuat secara digital. Apalagi, dengan kemajuan teknologi sekarang, Onliners bisa memesannya secara online hanya dari rumah. Jika tidak memiliki desain, Onliners juga dapat memilih berbagai template coffee table book yang disediakan oleh platform jasa pembuatannya.

2. Warna di Photobook Tidak Mudah Pudar

Saat membuat album foto biasa, warna-warnanya lebih cepat memudar. Makanya, foto-foto yang dicetak ini menjadi cepat rusak. Onliners sudah pasti tidak menginginkan hal seperti ini bukan?

Karena itu, coffee table book menjadi solusi yang tepat. Pasalnya, jenis material yang digunakan biasanya punya mutu tinggi sehingga awet dalam waktu bertahun-tahun.

3. Photobook Ideal Dijadikan Sebagai Hadiah

Coffee table book sangat ideal dijadikan hadiah bagi orang-orang tersayang karena design cover dan isinya yang bisa di-custom sendiri. Onliners dapat menghadiahkan coffee table book kepada pasangan ataupun anggota keluarga. Coffee table book sebagai bentuk rangkuman memori yang berisikan foto-foto bersama dengan pasangan maupun anggota keluarga.

4. Photobook Bisa Dibuat dalam Berbagai Desain yang Disesuaikan

Onliners tidak bisa berkreasi dalam hal desain saat pembuatannya jika membuat album foto biasa. Berbeda dengan coffee table book yang bisa dicetak dengan desain rancangan Onliners. Selain itu, Onliners bisa memanfaatkan beragam template yang disediakan jasa pembuatannya saat ingin membuat coffee table book.

Baca Juga: Buku Agenda Kerja 2021, Produk Cetak dengan Sejumlah Fungsi

Panduan Penting dalam Mencetak Photobook

Di era sekarang ini, coffee table book sudah menjadi tren yang sangat cocok untuk dijadikan hadiah untuk keluarga, kekasih, sahabat, maupun kolega tersayang lainnya. Nah, sebelum membuat coffee table book, ada baiknya Onliners memperhatikan 5 panduan penting berikut ini:

1. Memilih Foto yang Ingin Dimuat di Photobook

Panduan yang pertama untuk membuat coffee table book adalah memilih foto yang akan dimuat. Sebenarnya, terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan ketika memilih foto untuk dimuat di coffee table book.

Pada awalnya, gunakanlah foto beresolusi tinggi untuk mencegah kualitas cetak yang berkurang karena resolusi foto rendah. Selain itu, sebaiknya tidak memilih foto yang terlalu gelap untuk dimuat di dalam coffee table book.

Pertimbangkan juga urutan foto yang akan dimuat di coffee table book agar urutannya dapat membentuk sebuah kisah seperti yang Onliners inginkan. Jangan segan untuk melibatkan keluarga ataupun teman untuk mempermudah urutan foto saat merangkai kisah di dalam coffee table book.

2. Memilih Tema dan Desain 

Panduan selanjutnya dalam membuat coffee table book adalah memilih tema dan desainnya terlebih dahulu. Pastikan tema dan desain pilihanmu sesuai dengan keperluan coffee table book yang akan dibuat. Ada beragam tema dan desain yang dapat disesuaikan dengan momen perayaanmu seperti pernikahan, wisuda, ulang tahun, ataupun baby born jika membuatnya.

3. Memilih Font dan Caption

Dalam upaya membuat coffee table book yang menarik, ada baiknya Onliners menyisipkan sebuah cerita di dalamnya. Karena itu, kreativitas yang Onliners miliki menjadi penting dalam membuat coffee table book.

Semakin pandai Onliners bermain kata pada sebuah tulisan, maka foto di coffee table book akan membantu merealisasikannya dalam bentuk visual. Onliners dapat menceritakan sebuah kejadian yang ada di dalam foto tersebut. Bahkan, Onliners juga dapat mendeskripsikan pengalaman ketika sedang mengambil foto.

Selain itu, sebaiknya gunakanlah font yang simpel dan mudah dibaca saat membuat coffee table book. Sebab, hal ini akan mempermudah orang lain untuk memahami cerita yang ingin Onliners sampaikan di dalam coffee table book ketika melihatnya.

4. Memilih Ukuran Photobook Sesuai Kebutuhan

Panduan berikutnya ketika membuat coffee table book adalah memilih ukurannya. Supaya hasil coffee table book yang dibuat tidak gagal, ada baiknya Onliners telah menentukan ukuran yang akan digunakan sebelum membuatnya. Dengan begitu, hasil cetak coffee table book akan sesuai keinginan.

Dalam hal ini, sebaiknya memilih ukuran coffee table book yang sesuai, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Hal ini agar coffee table book yang telah Onliners buat dapat lebih mudah disimpan.

Sebagai informasi, tersedia 2 ukuran yang dapat Onliners pilih jika ingin membuat coffee table book di Onlineprint.co.id. 2 Ukuran tersebut yaitu Square Photobook (14 cm) dan Square Photobook (20×20 cm).

5. Memilih Layout Sesuai untuk Photobook yang Dibuat

Panduan terakhir yang harus Onliners perhatikan dalam membuat coffee table book ialah memilih layout sesuai. Apabila Onliners ingin menambahkan cerita pada beberapa foto di dalam coffee table book yang akan dibuat, sebaiknya pilihlah layout yang tidak terlalu rapat.

Onliners tidak perlu menjejalkan beberapa foto sekaligus dalam satu halaman coffee table book. Hal ini perlu Onliners lakukan supaya tetap tersedia beberapa spot untuk meletakkan sebuah tulisan.

Komposisi dan peletakan foto juga sangatlah penting agar tampilan coffee table book yang Onliners buat terlihat lebih aesthetic. Jangan ragu juga untuk meletakkan satu foto beresolusi tinggi dengan ukuran besar yang dapat menonjolkan tema coffee table book milikmu di satu halaman penuh.

Layanan Pembuatan Photobook di PT Bintang Sempurna

Sekarang ini, terdapat banyak perusahaan yang menawarkan layanan Coffee Table Book. Salah satu perusahaan terbaik yang membuat produk coffee table book berkualitas premium adalah PT Bintang Sempurna.

Perusahaan yang telah beroperasi selama 31 tahun (sejak tahun 1989) ini berlokasi di Jl. Bendungan Hilir Raya Nomor 46, Jakarta Pusat, 10210, Indonesia. Sampai sekarang, PT Bintang Sempurna tidak henti-hentinya berinovasi untuk kebutuhan cetak dengan teknologi termodern.

Selain berinvestasi pada mesin dan teknologi, perusahaan ini juga didukung oleh SDM yang berkualitas. Itulah sebabnya, produk yang dihasilkan tidak asal-asalan. Adapun, untuk membuat produk photobook kualitas premium, PT Bintang Sempurna menggunakan HP Indigo 7900 dan HP Indigo 5900.

Baca Juga: Annual Report: Arsip Penting Untuk Laporan Perusahaan 

Kualitas hasil cetakannya pun sangatlah baik. Onliners bisa mengandalkan kecepatannya karena mesin-mesin ini mampu menghasilkan 3.600-4.800 halaman A3 dalam waktu sekitar satu jam.

Dalam membuat photobook, PT Bintang Sempurna punya dua varian ukuran dengan bentuk square, yaitu 20×20 cm dan 14×14 cm. Terdapat dua opsi penjilidan yang ditawarkan yaitu hard cover dan soft cover. Untuk hard cover menggunakan material art paper 150 gr, sedangkan soft cover memakai bahan art carton 310 gr.

Perlu diketahui, untuk menjilid photobook, PT Bintang Sempurna mengaplikasikan lem PUR. Lem ini punya kualitas lebih bagus dari lem EVA yang standar digunakan dalam mencetak coffee table book. Selain itu, coffee table book juga menggunakan laminating rough touch 1 sisi.

Keunggulan dari lem PUR ini adalah dapat merekat di pada media/kertas, lebih fleksibel, dan bisa disimpan di ruangan dengan perbedaan temperatur signifikan. Sebagai informasi, lem PUR adalah salah satu metode penjilidan terbaik untuk photobook selain Lay-Flat dan Flush Mount.

Nah, jika Onliners membutuhkan layanan cetak photobook berkualitas premium, PT. Bintang Sempurna punya opsi terbaik. Onliners juga dapat memesan lewat Onlineprint.co.id jika tidak punya waktu ke lokasi. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *