5 Jenis Finishing Kartu Nama Ini Auto Profesional!

Meski sekarang sudah serba digital, fungsi kartu nama tetap penting. Saat bertemu dengan calon klien yang potensial, kamu bisa berikan kartu nama. Dengan hal ini, klien bakal tahu siapa diri kamu, tempat kamu bekerja hingga kontak yang bisa dihubungi. Dari selembar kartu kecil inilah personal branding kamu akan terbangun.

 

Personal branding adalah persepsi atau anggapan orang lain tentang diri kamu. Orang lain akan melihat kamu sebagai apa atau siapa itu berasal dari emosi yang dibentuk dari personal branding. Karena itu, personal branding sangat penting dalam dunia karir dan kehidupan kamu. Kepercayaan seseorang dan cara mereka berinteraksi dengan kamu juga dipengaruhi oleh personal branding.

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun personal branding. Salah satunya melalui kartu nama. Jika ingin membangun personal branding yang berkaitan dengan bisnis yang kamu jalani, cetak kartu nama bisnis bisa jadi pilihan yang tepat. Sementara kalau kamu ingin menjelaskan bagaimana profil perusahaan yang kamu bangun, cetak saja kartu nama perusahaan.

 

Jenis Finishing Kartu Nama

Cetak Kartu Nama di Online Print
Cetak Kartu Nama di Online Print

 

Dalam membuat kartu nama ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Mulai dari isi yang tertera, ukuran kartu nama dan juga jenis finishing yang dibutuhkan. Biar tampilan kartu nama makin meyakinkan, berikut beberapa jenis finishing yang bisa kamu pilih:

1. Glossy & Doff

 

Finishing cetak kartu nama yang paling simpel adalah glossy yang efeknya berkilau dan doff yang efeknya buram dengan permukaan agak kasar. Buat tampilan yang lebih mewah dengan permukaan licin, pilih finishing glossy. Sedangkan untuk tampilan klasik, bisa pilih finishing doff. Kedua jenis finishing ini harganya pun juga terjangkau.

 

2. Hot Print

 

Mau hasil logo yang lebih timbul? Kamu bisa pilih finishing hot print. Pengaplikasian ini ada sebagian yang agak timbul dengan warna emas atau perak. Caranya adalah tinta emas atau perak dipress, sehingga bisa menempel dan memberi efek timbul sedikit. Saat dipegang pasti lebih terasa.

 

Kalau ingin tampilan kartu nama yang elegan, finishing hot print adalah pilihan yang tepat. Pilih latar belakang yang warnanya kontras. Misalnya warna dasar hitam dan logo yang timbul warnanya emas atau perak.

 

3. Emboss & Deboss

 

Mau kartu nama yang tak biasa? Gunakan efek 3 dimensi yang keren menggunakan finishing emboss ataupun deboss. Saat kartu dipegang, akan terasa bagian yang timbul, misalnya pada logo atau tulisan tertentu. Tinggal pilih saja, mau emboss atau deboss.

 

Baca Juga: Greeting Card Produk Cetak Buat Kolega Saat Momen Spesial

 

Emboss hasil timbulnya menjorok ke depan, biasanya finishing ini yang lebih sering digunakan. Sedangkan deboss efek timbulnya menjorok ke bagian belakang. Keduanya sama-sama unik. Jadi tergantung selera kamu saja mau pilih yang mana. Bisa juga memadukan keduanya. Misalnya untuk logo gunakan emboss, sedangkan tulisannya gunakan deboss.

 

4. Die Cut & Pond

 

Finishing ini tekniknya paling rumit, jadi biaya pembuatannya tentu paling tinggi. Die cut adalah teknik memotong di permukaan kertas. Jadi kita bisa membuat potongan, misalnya pada logo perusahaan atau inisial nama kita. Pemotongan menggunakan mesin khusus, jadi sudah pasti rapi.

Sedangkan teknik pond hampir sama dengan die cut. Ada potongan juga di atas kertas, tapi tidak sampai terputus. Potongan ini lentur dan mudah dilipat. Dipastikan orang yang menerimanya jadi tertarik untuk membaca info di kartu. Peluang dapat klien baru juga bisa jadi lebih besar dari sini.

 

5. Spot UV

 

Hampir sama dengan laminasi glossy dan doff, finishing spot UV menggunakan pelapisan pada kertas. Pembedanya adalah spot UV menggunakan cairan sebagai pelapisnya. Efek spot UV bisa memadukan doff dan glossy sekaligus.

 

Jadi kamu bisa membuat bagian tertentu lebih menonjol. Hasilnya pun terlihat lebih berbeda dibandingkan laminasi glossy dan doff. Cocok banget kalau kamu menggunakan desain gambar atau logo tertentu pada kartu nama.

 

6. TUF (Textured UV Finish)

 

Finishing yang hanya bisa di onlineprint.co.id dan Bintang Sempurna. Tampilan hampir sama dengan pemakaian Spot UV dan timbul seperti Hot Print dan Emboss. Akan tetapi uniknya TUF ini tanpa diPress, Kamu udah bisa cetak tekstur timbul seperti Emboss maupun Hot Print di beberapa titik yang dibutuhkan. Untuk teksturnya sendiri, kamu bisa pilih di antara regular texture (tekstur mengikuti detail desain, contoh pada mata, tangan, outline logo dsb), yang ke dua ada sand texture dimana pas diraba terasa seperti menyentuh pasir dan yang terakhir block texture dengan ketebalan mengkilap menyerupai Spot UV tanpa menggunakan pelapisan cairan pada kertas.

 

Buat Kartu Nama Sendiri di Online Print

Tertarik buat cetak kartu nama? Serahkan saja pada online print. Dengan onlineprint.co.id cetak kartu nama bisa jadi lebih praktis. Harga transparan, banyak pilihan juga tanpa antri. Mesin cetaknya juga yang terbaik, ada Hp indigo 7900, Hp indigo 5900, Komori H-UV GL37 dan masih banyak lagi. Kamu bisa cetak digital printing maupun offset printing. Yuk buktikan kemudahan #KlikLangsungPrint kartu nama kamu di Online Print.

 

Online Print ialah platform cetak online didukung oleh Bintang Sempurna, salah satu percetakan berkualitas yang sudah berdiri semenjak 1989. Jangan sungkan untuk konsultasi lebih lanjut dengan Customer Service Online Print via whatsapp di onlineprint.coid untuk keterangan lebih lanjut ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.