Ini Dia Alasan Digital Printing Masih Menjadi Pilihan Terbaik

Digital printing adalah proses transfer informasi dalam bentuk digital ke format cetak, tanpa menggunakan perantara. Contoh simpelnya adalah mencetak gambar dari laptop atau ponsel kita ke atas selembar kertas. Jadi prosesnya berbeda dari mesin offset printing yang harus menggunakan perantara.

 

Saat ini cetak digital kerap jadi pilihan cetak baik bagi individu maupun bisnis, banyak kebutuhan pasar yang membutuhkannya. Saat ini ada dua jenis tinta print yang umum digunakan digital printing yaitu menggunakan toner dan inkjet. Sebenarnya apa alasan digital printing cenderung jadi pilihan?

 

5 Alasan Menggunakan Digital Printing

 

Cetak Buku Digital Printing di onlineprint.co.id
Cetak Buku Satuan di onlineprint.co.id

 

 

Kemasan Box Digital Printing di onlineprint.co.id
Contoh Kemasan Box  di onlineprint.co.id

 

Ini dia kelebihan digital printing yang membuat pasar masih membutuhkannya hingga kini:

 

1. Kualitas Cetak Stabil

Karena prosesnya yang digital, maka hasil cetakan cenderung lebih stabil dan konsisten. Meskipun kita mencetak langsung dalam jumlah besar, tak perlu kuatir dengan kualitas warnanya. Tak mungkin hasil warnanya berbeda-beda antara lembar satu dengan lainnya. Ini membuat kamu tidak ragu langsung mencetak dalam jumlah banyak.

 

2. Proses Produksi Lebih Cepat

Dibandingkan dengan teknik cetak menggunakan mesin cetak offset yang manual, digital printing sudah menggunakan teknik yang serba terkomputerisasi. Jadi ada beberapa proses di mesin offset yang dipangkas pada mesin cetak digital. Dampaknya, pasti proses produksi menurun secara drastis.

 

Baca Juga: Begini Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

 

Misalnya kalau dulu mencetak dengan mesin offset dan sablon butuh waktu hingga beberapa hari, bahkan ada yang hitungan minggu. Tapi sekarang dengan cetak digital bisa selesai dalam hitungan jam. Bahkan kalau kita memesan dalam jumlah besar sekalipun. Tentu ini tergantung tempat percetakannya juga. Kalau tak ada antrean, maka proses mencetak bahkan bisa ditunggu.

 

3. Tak Perlu Minimum Order

Salah satu kelebihan digital printing adalah kita bisa mencetak tanpa minimum order. Bahkan cetak satu lembar saja pun bisa. Jadi tak perlu mencetak dalam partai besar seperti pada mesin offset dan sablon. Perangkat lunak pada mesin cetak digital bisa mengatur mencetak satuan dan ini tidak akan mempengaruhi biaya produksi.

Ini akan sangat menguntungkan karena cetak digital bisa digunakan secara luas. Konsumennya pun tak harus sebuah bisnis, tapi bisa juga individu. Beberapa pihak yang diuntungkan adalah pebisnis yang skalanya masih kecil. Mereka bisa mencetak alat promosi dalam jumlah sesuai kebutuhan. Cetak digital juga sangat membantu penulis independen mencetak buku mandiri.

 

4. Bisa Langsung Lihat Proofing

Karena tidak butuh minimum order, jadi kita bisa langsung mengecek proofing. Misalnya mau mencetak 100 lembar. Kita bisa cetak 1 lembar dulu untuk proofing dan mengecek apakah kualitasnya sudah sesuai dengan keinginan kita atau belum. Kalau belum, bisa langsung diperbaiki. Kalau sudah sesuai, tinggal lanjutkan proses cetak.

 

5. Jasa Digital Printing Mudah Ditemukan

Karena kebutuhan pasar yang besar, maka saat ini tak sulit menemukan jasa penyedia digital printing. Pilih yang menyediakan layanan terbaik dengan proses yang dijamin cepat. Bahkan beberapa penyedia jasa cetak digital juga menyediakan platform pemesanan online. Jadi kita bisa memesan kapan pun dan di mana pun!

 

Cara Kerja Digital Printing

 

Digital Printing Online Print
UV Flatbed di Online Print

 

Mesin digital printing bekerja dengan cara melepaskan tinta melalui nosel ke dalam print head. Tinta kemudian bergerak ke permukaan untuk mencetak garis horizontal. Head tidak hanya mencetak secara horizontal, melainkan juga pada setiap pass. Selain itu head juga bisa mencetak beberapa piksel secara vertikal. Inilah yang membuat cetak digital memiliki proses produksi yang lebih cepat.

Pada mesin cetak digital, tinta ditempatkan di setiap kartrid dari setiap warna. Tinta bisa diganti jika sudah habis. Beberapa warna yang paling umum yang ada di kartrid antara lain magenta muda, hitam muda, biru tua, cyan muda, orange, merah dan hijau.

 

Onliners sekarang sudah mengertikan gimana cara kerja digital printing. Kalaupun belum tahu juga tidak masalah. Toh, kalau mau cetak brosur, cetak stiker, cetak kartu nama atau cetak apapun bisa datang ke percetakan digital printing terdekat. Tapi kalau lebih mudah dan bebas antri, kamu bisa cetak secara online melalui situs Onlineprint.co.id. Online Print tidak hanya sekadar melayani digital printing, tetapi juga cetak offset.

 

Baca Juga: Offset Print, Metode Cetak dalam Skala Besar

 

Didukung dengan teknologi ramah lingkungan dengan mesin cetak HP Indigo 7900 dan Hp indigo 5900, dijamin hasil cetakan aman dan berkualitas. Selain itu tinta print dan jenis kertas yang digunakan juga bertanda eco-friendly. Sama juga dengan Bintang Sempurna selaku pendukung Online Print itu sendiri sebuah percetakan legendaris yang aman juga terkendali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.