Cara Mengelola Amplop Lebaran Anti Tekor!

Sejak dulu lebaran Idul Fitri jadi hari besar yang paling meriah di tanah air. Tradisi kumpul keluarga, silaturahmi, dan makan ketupat selalu ditunggu-tunggu semua kalangan. Tapi ada satu tradisi yang lebih diminati dari itu semua, khususnya buat yang masih anak-anak, apalagi kalau amplop lebaran berisi salam tempel.

 

Baca Juga: Greeting Card, Produk Cetak Buat Kolega Saat Momen Spesial

 

Tiap keluarga punya kebiasaan yang berbeda-beda. Ada yang hanya membagikan amplop Lebaran unik ke anak-anak di dalam keluarga saja. Tapi ada juga yang memberikan angpao Lebaran ke anak-anak kecil di sekitar rumah yang datang bersilaturahmi ke rumah kita.

 

Tips Memberi Amplop Lebaran Sesuai Keuangan

 

Berbagi rezeki tentu baik. Tapi perlu diingat juga apakah sesuai dengan kemampuan atau tidak. Karena saking banyaknya amplop yang dibagikan, bisa-bisa bikin kantong kamu kempes. Kelihatannya pengeluaran ini rendah, tapi kalau jumlahnya sangat banyak, bisa tekor juga, lho. Jadi bagaimana sih cara mengelola agar amplop lebaran tak bikin tekor?

 

1. Lakukan Budgeting

 

Lebaran pasti datang setiap tahun. Jadi sebenarnya kamu pasti sudah tahu kira-kira berapa pengeluaran tiap Lebaran tiba. Meski bisa saja ada hal yang tak terduga yang membuat pengeluaran jadi lebih besar atau lebih rendah. Tapi setidaknya kamu bisa mengira-ngira.

 

Karena itu, sisihkan penghasilanmu khusus untuk Lebaran. Ini bisa dari THR, bisa juga dari penghasilan tiap bulan. Kalau sudah disisihkan secara teratur, jadinya begitu tiba Lebaran tidak bakal kebingungan lagi.

 

Baca Juga: Membuat Greeting Card yang Berkualitas, Berikut Caranya

 

Kalau tahun ini baru bisa memberikan amplop lebaran ke anggota keluarga seperti keponakan dan sepupu saja, siapkan budget yang pas. Tapi kalau kebetulan punya rezeki yang berlebih dan bisa memberi ke banyak orang, silakan menyiapkannya. Yang jelas, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Enggak usah berlebihan juga.

 

2. Siapkan Uang Pecahan Rp2.000 – Rp10.000

 

Pisahkan salam tempel sesuai umur. Apalagi kalau mau membagikan ke anggota keluarga yang sangat banyak jumlahnya, ditambah anak-anak di lingkungan sekitar rumah. Pastikan menyiapkan uang pecahan Rp2.000 – Rp5.000 untuk anak TK dan SD. Bedakan juga amplop lebaran biar lebih mudah pas dibagikan.

 

 

 

3. Siapkan Uang Pecahan Rp10.000 – Rp50.000

 

Sementara untuk anak-anak yang usianya sudah lebih besar, bisa siapkan pecahan uang Rp10.000 – Rp50.000. Pastikan desain amplop Lebaran berbeda untuk isi pecahan uang yang berbeda. Jadi saat hari H tidak bakal tertukar jumlahnya.

 

4. Buat daftar penerima amplop

 

Supaya lebih tahu berapa yang harus dikeluarkan, lebih bagus lagi kalau kamu bisa membuat daftar siapa saja yang akan menerima angpau. Dengan begitu, kamu tahu seberapa pengeluaran yang akan dikeluarkan. Kalau kamu mau membuat amplop lebaran sendiri, jadi tahu harus buat berapa.

 

5. Amplop Lebaran Kreasi Sendiri

 

Cara lain untuk berhemat bagi-bagi salam tempel adalah membuat sendiri amplopnya. Paling mudah dengan memanfaatkan apa yang ada di rumah. Bisa kertas lipat warna-warni, kertas koran, majalah dan komik bekas.

 

Baca Juga: Begini Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

 

Bisa juga pakai amplop putih biasa, lalu digambar sendiri dengan spidol atau krayon yang warna-warni. Cara membuat amplop Lebaran ini juga bisa diterapkan di kartu Lebaran. Buat sendiri saja supaya lebih personal dan lebih hemat.

 

Mau buat amplop salam tempel dan kartu Lebaran yang personal sekaligus berkualitas? Onliners bisa mengunjungi tempat percetakan atau fotokopi terdekat. Tapi kalau mau cetak amplop lebaran mudah, simpel dan berkualitas, cetak saja di onlineprint.co.id. Layanan ini disediakan oleh PT Bintang Sempurna, salah satu percetakan paling berkualitas di tanah air.

 

Saking mudahnya, tinggal #KlikLangsungPrint aja amplop lebaran yang onliners inginkan. Pastinya bisa #BermainDenganWarna tinta print seperti Warna Metalik serta macam-macam material kertas print yang dapat menyesuaikan kebutuhan onliners.

 

Mesin cetak yang digunakan juga punya teknologi terbaik, misalnya untuk digital print ada mesin print HP Indigo 7900 dan HP Indigo 5900, sementara untuk offset print tersedia mesin Heidelberg SM52-4 dan Komori H-UV GL 37.

Leave a Reply

Your email address will not be published.