Begini Cara Mudah Bikin Kartu Nama dari Rumah

Menurut kamu nih, kartu nama masih relevan dicetak secara fisik atau tidak sih? Soalnya apa-apa sekarang serba digital. Mau tahu identitas seseorang, dari nama lengkapnya siapa, kerjanya di mana, jabatanya apa, bisa dihubungi lewat apa, hingga keahliannya apa saja, bisa kok dengan gampang banget ditemukan di internet.

 

Tapi entah kenapa, meski terkesan kuno, cetak kartu nama masih sangat relevan. Punya kartu nama itu rasanya beda aja. Ada sesuatu yang lebih eksklusif yang hanya bisa didapat dari kartu nama dibanding menampilkan identitas di internet. Buat kamu yang terjun di dunia bisnis, pasti juga merasa bagaimana kartu nama bisa jadi alat promosi yang super ampuh.

Cara Cetak Kartu Nama

 

Buat Kartu Nama Sendiri di Online Print
Contoh Kartu Nama di onlineprint.co.id

 

Umumnya, kartu nama itu ada dua jenisnya. Ada kartu nama bisnis dan kartu nama pribadi. Kartu nama bisnis atau kartu nama perusahaan biasanya punya logo atau simbol yang mencerminkan perusahaan. Sementara kartu nama pribadi berisi informasi tentang diri seseorang. Meski berbeda, tujuan dibuatnya kedua kartu nama ini sama. Begitu juga dengan cara membuatnya, kartu nama bisnis dan kartu nama pribadi sama saja.

 

Baca Juga: Greeting Card, Produk Cetak Buat Kolega Saat Momen Spesial

Kamu bisa cetak kartu nama di tempat cetak kartu nama terdekat yang ada di kota kamu. Atau kamu bisa pula datang ke tempat fotocopy terdekat, di sana biasanya juga melayani cetak kartu nama. Tapi kalau kamu mau yang lebih gampang, kamu bisa cetak kartu nama secara online. Cukup buka saja onlineprint.co.id. Berikut Langkah selengkapnya:

 

1. Siapkan desain

Sebelum cetak kartu nama, siapkan dulu desainnya. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan buat desain kartu nama. Apakah itu Coreldraw, Photoshop, Canvas dan lain sebagainya. Terserah mau pilih yang mana. Yang penting kartu nama yang kamu buat memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Ukuran kartu nama biasanya 88×53 mm atau 90×55 mm. Ukuran 90×55 mm adalah ukuran standar nasional Indonesia. Sementara ukuran ISO adalah A8 atau 74×52 mm.
  • Kartu nama biasanya berisi nama, informasi kontak dan alamat. Kebanyakan desain, bagian nama tercetak paling besar di antara lainnya. Kalau isi Informasi kontak, meliput seputar informasi tentang pemilik kartu. Ambil saja contoh kartu nama bisnis, maka informasi kontak berisi soal bidang bisnis, kontak yang bisa dihubungi, email perusahaan atau website perusahaan. Untuk alamat pastikan kamu sebutkan dengan jelas agartidak terjadi kekeliruan petunjuk untuk orang yang ingin berhubungan dengan perusahaan langsung. Termasuk nama jalan, kota, nomor gedung, sampai kode POS.

 

2. Buka onlineprint.co.id

Kalau desain kartu nama sudah siap, saatnya membuka situs onlineprint.co.id. bagaimana jika kamu belum punya desain kartu nama? Tenang saja, onlineprint.co.id juga siap membantu kamu membuat desain kartu nama. Kamu bisa membuat desain kartu nama langsung melalui situs.

 

Di situ ada dua pilihan, apakah kamu akan buat kartu nama menggunakan pilihan template yang sudah tersedia atau membuat desain sendiri melalui fitur Desain Studio. Kedua pilihan ini dibuat sangat sederhana dan userfriendly.

 

3. Masukkan jumlah box kartu nama

Selanjutnya, masukkan berapa banyak jumlah kartu nama yang ingin kamu cetak. Ingat, jika kamu pilih 1 itu artinya satu box. Satu box berisi 50 kartu nama. Jumlah kartu nama yang ingin kamu cetak tentu sangat tergantung dengan kebutuhan kamu.

 

4. Tentukan material kertas yang ingin digunakan

Setiap kertas punya kelebihan dan kekurangan. Harganya juga berbeda. Jadi cobalah untuk memahami jenis kertas apa yang akan kamu pilih. Yang pasti, onlineprint hanya menyediakan material kertas terbaik. Kamu bisa pilih material kertas kartu nama:

  • Art Carton 210 gsm
  • Art Carton 260 gsm
  • Art Carton 310 gsm
  • Bluish White (BW) Import
  • Bluish White (BW) Local
  • Linen White
  • Concorde

Selanjutnya tentukan pula finishing-nya, apakah akan menggunakan laminasi atau tidak. Jika pakai laminasi, mau pilih Doff atau Glossy (berkilau).

 

5. Pilih potongan sudut yang diinginkan

Kamu bisa pilih potongan sudut persegi atau bulat. Keduanya sama-sama jadi standar di Indonesia. Tentukan saja mana yang kira-kira kamu suka atau cocok untuk perusahaan kamu. Oh ya, tentukan juga apakah kamu akan cetak kartu nama satu sisi atau dua sisi.

 

6. Terakhir, Upload desain kamu tinggal #KlikLangsungPrint

Sebelum kamu cetak, masukkan alamat pengiriman kartu nama. Kamu bisa pula datang langsung ke tempat cetak. Cukup kunjungi PT Bintang Sempurna di Jl. Bendungan Hilir No.46, RT.8/RW.1, Bend. Hilir, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

 

Buat Kartu Nama Sendiri di Online Print
Cetak Kartu Nama di onlineprint.co.id

 

Sebagai informasi tambahan, online print punya layanan cetak kartu nama custom di mana kamu bisa dapatkan kartu nama premium 3 layer ataupun paket kartu nama ekonomis seperti kartu nama UKM. Apa pun pilihan cetak kartu nama, online print punya dukungan mesin cetak terbaik yang memungkinkan kamu bermain dengan warna CMYK. Jadi kamu bisa buat kartu nama penuh warna.

Yuk buat personal branding kamu mulai dari kartu nama sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.